Ramadhan

Rasanya tidak perlu dijelaskan lagi apa itu Ramadhan. Dan insya Allah semua orang tahu kalau Ramadhan itu nama bulan.. hehehe.. Gak penting banget nih artikel. Nah, mumpung Ramadhan mendatang masih 26 hari lagi maka di artikel ini saya akan coba berikan sedikit tips menyambut Ramadhan agar lebih sukses. Mudah-mudahan bermanfaat dan ketika Ramadhan datang nanti kita bisa jauh lebih siap baik dari sisi fisik maupun mental.

So, apa aja yang perlu disiapkan menyambut bulan suci Ramadhan nanti?

1. Berdo’a

Yup, sudah jadi sunnah Rasul dan para sahabat ketika bulan Rajab datang, mereka berdo’a. Dari Anas bin Malik r.a. berkata, bahwa Rasulullah saw. apabila masuk bulan Rajab selalu berdoa, ”Allahuma bariklana fii rajab wa sya’ban, wa balighna ramadan.” Artinya, ya Allah, berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban; dan sampaikan kami ke bulan Ramadan. (HR. Ahmad dan Tabrani). Kita juga perlu berdo’a agar mendapatkan kekuatan untuk beribadah dan mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

2. Gembira Menyambut Ramadhan

Bayangkan bila Presiden terpilih nanti datang ke rumah anda setelah pelantikan nanti. Apa yang akan anda lakukan? Pasti anda akan mempersiapkan segalanya untuk menyambut sang Presiden. Nah, bulan Ramadhan ini harusnya kita sambut lebih meriah daripada kedatangan sang Presiden. Bahkan di beberapa rumah ikhwah mereka sudah memasang tulisan-tulisan seakan-akan tamu besar sudah mau datang. Sangat meriah.

3. Rancang Agenda Ibadah

Banyak ibadah bisa kita lakukan ketika Ramadhan. Tapi tidak banyak waktu yang kita punya untuk menyelesaikan semuanya. Anda harus mampu membagi waktu. Anda perlu mengatur prioritas. Terlalu forsir energi untuk ibadah sehingga melupakan istirahat juga bukan solusi yang bijaksana. Aturlah mulai sekarang, mumpung masih 3 minggu lagi Ramadhan datang.

4. Belajar

Karena puasa ramadhan ini aktifitas setahun sekali, seringkali kita lupa sunnah-sunnah dan hukum-hukum puasa Ramadhan. Maka, mari mulai belajar lagi soal ramadhan. Insya Allah saya akan coba mencarikan tempat-tempat belajar soal Ramadhan yang bisa dijadikan rujukan. Untuk sementara ini, Mr. Google siap membantu anda. Kalau untuk masalah-masalah syariah seputar Ramadhan. Anda bisa langsung ke syariahonline.com.

5. Jaga Kesehatan

Gak mau kan pas puasa nanti sakit. Duuh.. naudzubillah deh. Jadi, mulailah menjaga kesehatan mulai sekarang. Jaga makanan yang masuk tubuh kita. Untuk sementara tahan dulu keinginan memakan makanan-makanan yang berpotensi membawa penyakit. Olah raga juga harus dilakukan lebih sering. Gunakan waktu luang untuk sekedar jalan-jalan keliling kampung menyapa tetangga. Silaturahmi jalan, badanpun sehat.

6. Minta Maaf

Masuk Ramadhan musti dengan jiwa yang bersih. Maka yuk kita saling bermaafan. Jadi, minta maaf itu justru sebelum puasa, bukannya sesudah puasa. Kalau hati dan jiwa bersih, kita pun akan mampu menjalankan ibadah puasa dengan hati lapang.

7. Latihan Sholat Malam

Pengen kesempatan mendapatkan malam yang lebih baik dari 1000 bulan hilang begitu saja? Tentu tidak bukan? Karena itu mulai sekarang kita harus mulai mengatur jadwal tidur. Mulai latihan sholat malam dari sekarang, agar pas Ramadhan nanti kita udah biasa dan gak ngantuk. Oh iya, latihan ini bukan cuma buat latihan sholat malam lho, tapi juga latihan bangun sahur.

8. Latihan Puasa

Cobalah puasa senin kamis selama bulan sya’ban ini. Biar pas Ramadhan datang, kita tidak kaget ampe sakit perut. Lumayankan dana makan siang bisa ditabung buat beli ta’jil di Ramadhan nanti. Latihan dapat, pas ramadhan nanti pahala juga melimpah. Ingat, memberi ta’jil orang yang berpuasa, pahalanya sama dengan orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala mereka. Enak to.. mantap to… ha..ha..ha..ha

Nah, mudah-mudahan tips kecil ini bisa membantu kita menyambut Ramadhan dengan lebih baik. Hmm.. saya juga lagi mikir-mikir untuk sedikit melakukan modifikasi theme blog ini biar terkesan Ramdhan banget.

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s