Terisolir dari Search Engine

Googlebot Datang Dong!

Googlebot Datang Dong!

Awalnya saya pikir ini memang sudah nasib. Saya sendiri sempat angkat tangan saat mengetahui bahwa peringkat blog ini di kontes Mengembalikan jati diri bangsa terus menerus merosot. Bahkan saat saya menulis artikel ini, LutviAvandi.com berada di halaman 3 hasil pencarian. Yang lebih menyedihkan lagi, deskripsi pada hasil pencarian hilang lenyap dan yang tertinggal hanyalah judul dan URL-nya saja.

Lalu saya mengeluh pada istri saya, mohon maaf karena ternyata tak mampu bersaing di kontes ini. Untungnya dia justru memberi semangat, “Ayoo! Coba temukan, kenapa mereka bisa sampeyan kok ndak”.

Lalu iseng saya cek artikel terbaru saya yang tentang batik. Eh… kok tidak terindex ya? Padahal biasanya artikel di WordPress itu bisa terindex kurang dari 24 jam. Ini udah berhari-hari masak tidak terindex sih. Lalu saya coba cek seperti apa index halaman ini di google. Hasilnya mencengangkan saya, seluruh artikel lama kehilangan deskripsinya.

Lalu saya coba cek sourcenya berkali-kali. Hingga kemudian mata saya tertuju pada tag

<meta name="ROBOTS" content="NOINDEX, NOFOLLOW" />

Ya Ampuunn.. ini toh biang keroknya, kok bisa sih tag ini muncul disini. Yang pertama saya salahkan adalah plugin All in One SEO. Tapi ternyata bukan itu. Lalu saya cek Settings – Privacy ketahuan deh kalau secara tidak sengaja tercentang pilihan block search engine.

Ya udah, akhirnya langsung saya pindah dan update settings. Cuma masalahnya robots.txt yang kadung jadi masih belum bisa diupdate sama google. Coba cari-cari di google ternyata solusinya cuma satu “sabar menunggu”.

Ya udah deh, ambil sisi positifnya aja. Untung ketahuan, kalau ndak mungkin saya akan mundur dari kontes ini. Semua ada hikmahnya dan selalu ada pelajaran berharga yang bisa diambil🙂

3 thoughts on “Terisolir dari Search Engine

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s