Adzab, Cobaan atau malah Anugerah?

BencanaBiasanya apabila terjadi sesuatu yang kurang baik, kita selalu menamakannya sebagai adzab atau cobaan. Dan bila terjadi sesuatu yang baik, kita menganggapnya anugerah atau rahmat tapi inipun termasuk cobaan juga.

Jadi, sesuatu yang terjadi pada kita itu apa? Dan bagaimanakah cara mengenalinya?

Jika saya yang ditanya, maka saya akan menjawab tergantung bagaimana anda melihatnya. Sesuatu yang buruk, belum tentu bencana. Tapi sesuatu yang baik juga belum tentu rahmat. Bahkan saya berani bilang kalau apapun yang terjadi pada diri kita, keluarga kita, bangsa kita dan umat manusia adalah sebuah kebaikan yang diberikan Allah pada kita.

Mari coba kita simak, bagaimana sebuah bencana ternyata bisa menjadi rahmat apabila kita memandangnya dari sudut sisi positif. Bila kita melihat dengan pikiran pendek, maka bencana alam seperti yang terjadi di Padang yang lalu adalah sebuah musibah. Tapi coba kita lihat lagi dan kita pikirkan jauh lebih dalam.

Sebuah bencana ternyata menyatukan hati seluruh bangsa ini. Apalagi saat ini bangsa kita sedang menghadapi perselisihan dengan negeri tetangga. Bencana juga menggerakkan perekonomian wilayah itu. Coba bayangkan jika semua orang menyimpan makanan di rumahnya, pasar akan sulit bergerak. Ketika bencana datang, pasar kembali berputar. Jika harga-harga jadi mahal, itu hanya efek samping karena transportasi ke daerah tersebut cukup sulit.

Saya sendiri tidak terlalu paham dengan keadaan Padang. Tapi saya yakin, saudara-saudara kita mampu melihat lebih banyak kebaikan di balik musibah ini. Rumah-rumah baru akan dibangun, jalan-jalan baru disempurnakan dan tidak akan lama, kondisi ini akan pulih seperti sedia kala.

Kita sudah melihat bagaimana tsunami meluluh lantakkan Nangroe Aceh Darussalam. Tapi lihat efek sampingnya, berakhirnya pemberontakan GAM. Terciptanya perdamaian di negeri itu. Terwujudnya undang-undang Islam disana. Jika melihat lebih detil lagi, pasti akan jauh lebih banyak berkah yang bisa kita petik.

Bencana letusan gunung berapi, memang menghanguskan hampir seluruh permukaan gunung. Tapi lahar itu selain membawa bencana, juga membawa rahmat yang tak ternilai bagi para petani. Tanah-tanah jadi subur dan tanaman berbuah dengan lebatnya.

Selalu ada hal baik dalam segala hal. Bukankah dunia ini cuma panggung sandiwara. Bencana yang sebenar-benarnya bencana hanyalah saat kita kehilangan iman kita dan menjadi penghuni neraka. Naudzubillah…

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s