Demi Masa

Demi Masa. Sesungguhnya manusia itu merugi. Kecuali orang-orang yang beriman, beramal sholeh, saling menasehati dalam kebaikan dan saling menasehati dalam kesabaran.

Pernah baca ungkapan diatas? Yup, itu adalah terjemahan bebas dari Al-Quran surat Al-Ashr. Surat yang jadi favorit untuk dibaca saat sholat sedang buru-buru.. hehehe..

Beberapa kajian dan ilmu tafsir sering mengartikan surat ini sebagai nasehat untuk tidak menyia-nyiakan waktu. Bagaimana memanfaatkan waktu secara optimal.

Tapi saya sendiri lebih sering mengartikan ayat ini sebagai sebuah tips jitu masuk surga. Coba anda perhatikan ayat demi ayatnya dan berakhir pada kata saling menasehati dalam kebaikan dan menasehati dalam kesabaran.

Secara singkat, saya mengartikan surat ini seperti ini. Semua manusia itu bakalan rugi di hari kiamat kelak kecuali mereka menjadi seorang da’i atau juru dakwah yang sabar.

Lho kok?

Jika anda tahu betapa enaknya menjadi seorang dai, maka semua orang akan berlomba-lomba mengajak orang lain berbuat baik.

Multi Level Pahala

Salah satu keuntungan mengajak pada kebaikan adalah jika orang yang anda ajak berbuat baik melakukan kebaikan yang anda anjurkan, maka anda akan mendapatkan pahala seperti pahala orang tersebut. Anggap aja misalnya dia dapat pahala 10.

Bayangkan jika anda mengajak 10 orang. Maka anda sudah punya passive income pahala sebesar 100 untuk sekali berbuat baik. Bagaimana kalau tiap hari? Berarti 3000 pahala per bulan atau 36.500 pahala setahun.

Jika 10 orang itu masing-masing menyarankan lagi pada 5 orang, maka anda masih dapat limpahan pahala dari downline2 mereka. Tak bisa dibayangkan lagi deh bagaimana jadinya.

Makin Sabar Makin Besar Pahala

Menasehati dalam kesabaran. Ilmu apa yang harus diberikan dengan sabar? Menyuruh orang infaq paling dengan sekali tulisan udah bisa. Menyuruh orang puasa, biasanya jauh lebih mudah. Tapi mengajari orang membaca Al-Quran itu butuh kesabaran ekstra apalagi jika sudah tua.

Karena itu tiap kali orang yang kita ajari membaca 1 huruf, kita mendapatkan kebaikan yang sama. Bagaimana kalau satu ayat? Bagaimana kalau 1 surat? Bagaimana kalau orang itu malah membaca 1 juz per hari?

Mengajari orang sholat juga butuh kesabaran. Dan pahalanya pun berlipat ganda tak terhingga.

Gak Mengajari = Rugi

Maka jelaslah Allah mengatakan kalau manusia itu bakal rugi semua kalau ndak mau ngajarin orang berbuat baik dan penuh kesabaran. Lha passive income pahala segitu besarnya bakalan melayang begitu saja.

So, mulailah mengajak orang berbuat baik. Bahkan untuk sekedar berhenti berbuat jahat

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s