Googling yang Efektif

Kemarin mas Agus tanya ke saya, bagaimana sih kok saya bisa dengan cepat menemukan script-script canggih yang bisa diterapkan di wp-affiliasi cafebisnis? Dan mungkin andapun juga bertanya-tanya bagaimana cara memanfaatkan google dengan maksimal untuk mendapatkan hasil pencarian yang kita inginkan.

Kunci dalam melakukan pencarian efektif adalah dengan memberikan kata kunci yang sedetil mungkin pada google. Contohnya anda ingin mencari masalah tertentu. Maka sebutkan dulu topik umumnya, baru detilkan. Misalnya tentang masalah di wordpress, maka kata kuncinya harus seperti ini:

WordPress masalah anda

Biasanya para pencari justru membaliknya dengan menyebut masalah dulu baru topik utamanya.

Setelah langkah pertama anda lakukan, sekarang memilih web mana yang kemungkinan besar cocok dengan permasalahan kita. Kalau ini saya lebih suka baca description daripada judulnya. Karena kalau judul, tanpa kita bacapun kita akan membacanya secara otomatis. Jadi fokus saja pada description.

Saya tak pernah mengklik halaman berikutnya sebelum mendapatkan banyak kata yang cocok dengan apa yang saya cari. Kata yang cocok biasanya di beri huruf tebal oleh Google. Nah, cari yang huruf tebalnya banyak.

Kalau terlalu sedikit, coba cari kata lain di hasil pencarian, siapa tahu ada kata lain yang lebih relevan dan lebih cocok dengan maksud anda.

Biasanya setelah 2-3 kali mencoba saya bisa menemukan artikel yang saya maksud dan tinggal buka deh. Kalau sudah 2-3 kata kunci digunakan saya baru beranjak ke page 2-4. Dan kemungkinan akan mengubah kata kunci lagi jika yang saya maksud belum ketemu.

Dan harus diingat, google senantiasa mencatat kata-kata kunci yang anda sering gunakan. Dengan memasukkan topik utama di depan pencarian, maka di pencarian berikutnya anda akan disuguhi data-data yang paling relevan dengan topik utama yg sering anda pakai. Contohnya saya sering menggunakan kata-kata ini di depan pencarian:

wordpress, PHP, jQuery, css

Maka saat saya lupa memasukkan topik itu, saya mendapatkan web-web yang langsung nyambung. Setelah berkali-kali menggunakan google, akhirnya mencari sesuatu jadi makin mudah dan makin cepat. Maka jangan heran kalau pertanyaan member hampir semuanya bisa terjawab dengan mudah.. hehehe.. Sudah tahu kan siapa di balik otak jenius saya.. hahaha…

Beberapa penulis memberikan syntax2 yang saya sendiri males menghafalnya. Ada juga yang memberi tanda kutip di kata yang ingin dicari. Menurut saya itu buang-buang waktu aja. Google sudah cukup pintar sekarang dan kita tak perlu menghafal banyak kode untuk menggunakan kemudahan yang ditawarkan google.

6 thoughts on “Googling yang Efektif

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s