[BUKTI] SalingSapa.com sudah beli Lisensi

Jujur saja, saya sebel banget dengan pembuatn thread di kaskus. Entah karena dia gak punya anak atau karena sebel karena bukan dia yang diekspos media sehingga bikin tuduhan keji seperti itu. Tapi biarlah, Allah punya cara sendiri untuk memberikan keadilan.

Seperti diketahui saat ini Muhammad Yahya Harlan tengah dikeroyok banyak orang gara-gara media yang asal aja ngecap. Anak SMP kelas 1 itu harus menghadapi kata-kata dari mulut yang seharusnya layak disumpal dengan kotoran kambing biar diam.

Pertama yang harus saya sampaikan adalah. Para pengkritik itu sudah bego sejak awal. Sudah tahu ini anak SMP, ya jelas gak akan bikin benar-benar dari nol lah. Saya sendiri waktu tahu salingsapa.com dari acara Majelis Adz-Dzikra langsung tahu kok kalau si Yahya menggunakan script gratisan sebagai mesin utamanya.

Yang dimaksud membuat itu bukan selalu harus membuat dari awal. Disitulah letak begonya mereka yang asal ngecap aja di kakus. Ambil contoh WordPress lah. Dimana-mana panduan WordPress itu selalu bilang, cara membuat blog. Tapi apa benar-benar membuat blog dari nol? Ya ndak. Maksudnya membuat blog adalah membangun blog menggunakan suatu system yang sudah ada kemudian mengembangkannya sehingga menjadi sesuai selera kita.

Trus apa maunya beritanya dibuat judul puanjaaang gitu? saya punya banyak member yang mengatakan, “Mas saya sudah bikin blog pakai blogspot”. Apa kemudian saya harus katakan, PLAGIAT LOE!! Tentu saya adalah orang edan kalau gitu.

Trus dibilang plagiat juga plagiat dimananya? Niru facebook? Emangnya gak pernah lihat facebook. walaupun sudah lama gak main, saya masih inget betul warna dasar FB itu biru. Bukannya merah. Apalagi ada gambar ka’bah. Lha plagiat dimananya coba?

Kalau modelnya yang dianggap niru, lha semua juga modelnya gitu. Lihat aja twitter, friendster atau situs jejaring sosial lain. Menu-menu itu sih standar di sebuah jejaring sosial

Nah, sekarang biar semuanya jelas. Sayapun kirim email langsung ke JCOW.NET minta konfirmasi soal lisensi ini. Dan ini jawabnya

Sekarang saya minta semua pihak untuk tenang. Biarkan anak ini belajar. Hari ini dia mungkin cuma pakai open source. Tapi saya yakin jika dipupuk terus dia akan bisa membangun semuanya dari awal.

Dan kepada tukang kecap serta orang-orang yang protes karena webnya gak diliput TVOne, saya doakan mudah-mudahan anak-anak anda tidak ada yang sampai dimaki-maki orang lain. Jika ternyata kejadian juga, mungkin anda harus minta maaf kepada Yahya. Ingat, Allah tahu apa yang ada dalam hati anda. Sehitam apapun itu. Dan balasan Allah sungguh amat keji

Kepada Yahya, jangan risau dek. Teruskan usahamu. Orang-orang ini biar kami yang urus.🙂

29 thoughts on “[BUKTI] SalingSapa.com sudah beli Lisensi

  1. betul, mas. padahal jika memang masalah lisensi ya coba dengan cara yang elegan. khan namanya juga masih anak-anak jadi belum paham betul tentang lisensi dan lainnya coba di arahin aja dengan pemberitahuan bahwa seharusnya begini, begitu. jadi di bimbing. jangan sampai dia malah trauma nantinya.

  2. Iya bener banget mas. Namanya juga masih anak kecil, tentu hal segitu sudah patut diacungi jempol.
    Walaupun tentu saja bikin website semacam itu tidak mungkin bisa dilakukan dengan biaya terbatas, karena butuh space dan b/w yg super duper gila besarnya.
    kemaren aja waktu aku coba daftar salingsapa.com gak bisa, gara2 overload😦

    Dengan kata lain kalo mo bikin web jejaring sosial yg bener2 mumpuni, musti ada tim yg solid dan dana yg besar. Gak mungkin bisa dilakukan single fighter.

  3. Denuzz ketinggalan mengenai masalah ini. Sepertinya Denuzz harus mengikuti dari awal agar tidak salah dalam memahami.
    Sehubungan dengan media KasKus. I hate it!… Hehe

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

  4. wahh..parah bgt tuh orang yg nge-tread kyk gtu..
    namanya juga anak seusia itu..yah udh hebatlah klo bisa utak-atik open source!! lah yg dewasa aja belum tentu bisa kokk..

    *kembangkan trus bakatmu dek..

  5. Iya tuh si tukang jeplak rese banget…udah tau masih belajar eee diributin..

    Gw yakin, nih orang IRI …..begitu ke ke expose “ANAK SMP BIKIN….” itu situs dpat hits ampe 3 jutaan…

    ato mau ndompleng terkenal ??…biar orang juga liat signature nya di forum? biar pada ngunjungin websnya juga ???

    ada2 aja… benci banget deh…

    IRI TANDA TAK MAMPU….

  6. Wah aku ketinggalan info nih..kok gitu banget ya,tp kita harus support tu anak untuk kembangkan kreasinya.. Ku ja rencana mo buat situ jejaring pake opensource kok

  7. Gini bos, bukan plagiat yang saya singgung, coba telaah arti mengembangkan, mengembangkan berarti kode2 sumber dari jCow itu dibuat dan menjadi bagian dari Module jCow. jika saya liat di salingsapa.com itu cuma membeli lisensi dan menayangkannya melalui domain, tapi skrip itu tidak mematuhi aturan CPAL (kalo kalian mengerti ya). skrip yang dibeli termasuk kategori community, artinya si pendownload harus dan “wajib hukumnya” untuk tidak menghapus Powered by jCow, nah hanya itu aja, kenapa sih si admin anak kecil itu tidak menuruti kata2 kritikus. banyak kok situs islami yang membeli lisensi jCow, seperti http://sn.cybermoslem.net, silahkan dicek lisensinya mereka punya kok. Tapi kita sebagai umat muslim kan sudah diajarkan untuk menghormati hasil karya orang lain. pake acara development lagi. Nih liat contohnya website ente, jelas2 nih wordpress, ya tampilkan aja deh “Powered by WordPress” gitu aja kenapa gak mau dimunculin. Jadi jangan suka melaknat kritikus, emang kamu siapa tukang laknat, padahal maksud kritikus cuma minta kejujuran si anak. Dari kecil tidak jujur, gimana dah besar. Satu hal lagi, jangan membandingkan dengan FB, Twitter, dan FS, mereka punya engine sendiri2, jangan liat templatenya, liat enginenya donk. Tolong buat yang ada disini, satu hal yang saya tekankan, BELAJAR menjadi kritikus.

    • kritikus dengan cara yang salah jadinya ya tukang laknat. disini kami juga sedang belajar mengkritik, yaitu mengkritik kritikus..🙂 Jadi gimana rasanya di kritik orang?

      • Silahkan anda mengkritik, tapi dengan akal sehat ya, jangan pake emosi, ingat, kita bukan bangsa katak dalam tempurung, bangsa lain pasti tertawa dengan bangsa indonesia yang terkagum-kagum yang bukan penemuannya, JCow walaupun dibeli lisensinya, tapi user tetap mematuhi aturan dari CPAL (sekali kalo ngerti ya bahasa Inggrisnya), di CPAL tertulis “kode2 sumber adalah sepenuhnya milik jCow. Ohya ente kira2 tau gak singkatan CPAL????? Klik disini kalo mo tau deskripsinya. Ada anak SMA sudah 9 bulan mengerjakan jejaring sosialnya sendiri namanya, PINAME.COM.

        Tadi anda singgung soal blogspot, wordpress itu blogger semua orang boleh pake, wordpress sendiri, ada kok CMSnya, bahkan jadi bagian dari hosting. Itu juga kalo ente mo menghormati lisensinya, ente bisa gak membuang Powered by WordPress, ato kalo ente tebal muka, silahkan dibuang. Tapi kalo anda bisa membuat ato memanfaatkan CORE dari WORDPRESS jadi website anda sendiri itu baru anda adalah seorang PENGEMBANG. OK silahkan di komentari

      • Saya tuh malah ketawa2 baca komentar anda. Ya udah ademkan kepala dulu lalu buka halaman ini:

        http://www.jcow.net/download/

        Kalau males baca, cari tulisan ini: (tahu cara pakai fasilitas find di browser kan?)
        Branding Free
        Allows you to remove the “powered by Jcow” from your site.

        Mudah-mudahan anda ngerti bahasa Inggris. Kalau ndak ngerti silahkan komentar lagi, nanti saya terjemahkan🙂

      • Coba baca lagi donk yang benar komen saya, liat yang bagian License, tolong terjemahin sama saya ok….

  8. Wahhh setuju banget sama tukang kritik, kalo mo majukan bangsa, harus liat dulu donk kode sumbernya, ternyata cukup dalam arti dari CPAL. Saya suka dengan orang2 seperti tukang kritik.

    • Sejak kapan nih gw dengar ada jCow Palsu, jCow itu punya kode sumber berbasis PHP dan MySQL, udah deh jangan ASBUN: ASAL BUNYI….. Ini bukan soal menjatuhkan tapi mendidik oranglain biar saling ngehargai,…

  9. yah,,,namanya juga manusia, mas,,,kadang seperti kata aa gym SMS (Senang Melihat orang Susah) atau Susah Melihat orang Senang

  10. mestinya kita tu bangga punya ade yg bisa berkarya seperti ini, dan kita mesti support dia meskipun hanya dengan bergabung dengan salingsapa.com biar ngalahin facebook,,!!

    hargailah karya bangsa sendiri, meskipun kita bukan orang yang berpengaruh di dalamnya..
    kalaupun kita mo bersaing bersainglah secara cerdas,. jg asal koment.??!!
    bikin dunk social nettwork sendiri.

    majulah developer indonesia, buktikanlah lo indonesia bangsa yang besar..

  11. Maaf sebelumnya, saya rasa emg pihak M. Yahya Harlannya yg salah. Kan awalnya web tersebut dibangun dengan script jcow tapi ga pake lisensi, udah di konfirmasi sama pihak jcow.net (byk loh yg ngirim email ke admin jcow tnya tentang lisensinya).
    “Kenapa banyak pihak yg marah? “karena dia ( pihak salingsapa) menggunakan script jcow gratisan tapi tulisan “powered by jcow” diganti dengan kalimat kalo ga salah “created by Muhammad Yahya Harlan”. Hal itu tentu jelas menyalahi aturan di jcow itu sendiri. Karena itu banyak yg nge-kritik pihak salingsapanya. Pihak jcow juga begitu, mereka juga mengancam mau ngambil jalur hukum klo salingsapa tetep bertindak semacam itu. Padahal di tv2, koran2. maupun media online (detikcom,vivanews,kompas,dll) pihak salingsapanya blg kalo udah beli lisensinya. tentu memalukan bukan? nah, karena udah terdesak kira2 1 minggu dari berbagai kritikan+ anceman dari pihak jcow akhirnya bapaknya yahya ini beli lisensinya. Begitulah ceritanya…Maaf kalo tulisannya krg bisa dipahami ( maklum anak smp juga yg gabakat jadi penulis hehe) tapi aku lumayan tau masalah gt (kelas 8 juga udah bikin situs kayak salingsapa pake jcow, gaada 5 menit si). tapi yg jelas niat M.Yahya ini udah baik cuma sedikit krg bikin “sreg” aja tindakannya .

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s