Kecilnya CTR PPC Lokal

Sudah 2 bulan ini saya terus memantau kliksaya dan memang menurut saya nilai CTR-nya teramat sangat kecil sekali. Dengan 15 ribu impresi saya hanya mendapatkan 30 klik atau cuma 0.2% saja. Bahkan seringkali kurang dari itu hehehe… Kemungkinan besar sih karena iklan yang keluar tidak relevan dengan kata kunci yang kita target-kan.

Sebenarnya ini sangat menguntungkan bagi advertiser. Kenapa? Bayangkan jika anda memasang iklan di web-web dengan traffik besar. Mungkin anda perlu menghabiskan dana 1-2 juta sebulan, itupun belum tentu anda mendapatkan banyak klik. Tapi dengan klik saya, dana 1 juta itu bisa mendapatkan 2000 kunjungan jika anda pasang harga 500/klik. Dan 2500 jika anda pasang biaya minim yaitu 400/klik.

Tapi kalau cuma itu sih biasa ya, yang lebih keren lagi jika target anda memang cuma impresi aja. Jika rata-rata CTR blog itu 0.5% misalnya, artinya untuk 2000 kunjungan, iklan anda akan tampil 400.000 kali. Tapi itu kalau 0.5% padahal pada kenyataannya sangat kurang dari itu.

advertiser kliksayaCoba anda lihat di list Iklan Global. Nampak perbedaan yang sangat besar antara jumlah impresi dengan jumlah klik. sebuah iklan bisa tampil 2.470.464 kali dengan klik cuma 656 aja. Berapa persen-nya tuh? hehehe..

Tapi sayangnya tak banyak pengiklan yang memanfaatkan ini untuk branding. Rata-rata cuma menargetkan kunjungan saja, padahal brandingnya jauh lebih banyak daripada jumlah kliknya. Bayangkan, 2,5 juta impresi itu seperti pasang iklan di web yang page views-nya 82.000 lebih sehari atau kalau rata-rata tiap pengunjung buka 5 halaman berarti 16.400 unique visitor. Padahal anda lihat biaya yang dikeluarkan, cuma 656 x 400 aja atau 262.400.

Saya sendiri pernah memanfaatkan kliksaya untuk promosi dan mendapatkan 922.739 tampilan dan klik sebanyak 231 dengan biaya sebesar 155.000 saja. Itupun saya dapat dari menukar perolehan iklan kliksaya dengan iklan lagi xixixi… Jadi, iklan saya muncul 900 ribu kali secara gratis.

Sebenarnya saya punya rencana sedikit dengan strategi iklan di kliksaya ini. Saya tahu ada potensi terpendam disana yang belum sempat di explore. Tapi tentunya butuh dana banyak untuk itu. Jadi, untuk saat ini saya lagi kumpul-kumpul dana dulu. Ya, mudah-mudahan aturan di kliksaya nggak banyak berubah saat saya siap nanti🙂

6 thoughts on “Kecilnya CTR PPC Lokal

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s