SEO itu ternyata Gampang!

SEO itu GampangSejak diluncurkannya formula baru Google Panda, banyak pebisnis online yang frustasi karena banyak webnya yang tergusur ke kotak pasir. Terpuruk dan terpental dari hasil pencarian. Padahal sebenarnya, dengan adanya google panda ini, optimasi web justru jauh lebih mudah lho. Bisa dikatakan google panda ini membantu web yang kontennya berkualitas supaya naik peringkat dan mendominasi hasil pencarian google.

Beberapa hari lalu saya mencoba membuat sebuah minisite. Sederhana saja, yang bisa dibangun hanya dalam waktu satu hari. Artikelnya cuma 4 dan saya ketik sendiri menggunakan bahasa Indonesia yang ditranslate menggunakan Google Translate. Saya perbaiki grammar dan spellingnya menggunakan MS Word. Jujur saja, saya nggak tahu apakah grammarnya benar-benar sudah benar.. hehehe.. Pokoknya ndak ada pesan error di Word ya saya anggap benar xixixi…

Artikelnya saya buat cukup panjang mencapai 500 kata lebih. Harapannya, seseorang yang membacanya akan butuh waktu setidaknya 30 detik untuk membacanya. Apalagi dengan grammar yang gak sempurna sehingga butuh pencernaan lebih lanjut hehehe.. Tapi jangan juga terlalu ancur karena akan bikin pengunjung malah males baca.

Untuk backlink, saya cuma mengandalkan sebuah tool yang mensubmit ke 50 social bookmarking. Saat ini baru terindex 8 backlink saja. Tapi posisi web itu sudah nomor 1 di persaingan 44 Juta hasil pencarian. Dan hebatnya lagi rata-rata yang peringkatnya di bawah saya backlinknya diatas 10, bahkan ada yang mencapai 1400 backlinks.

Nah, makanya mulai sekarang cuma 2 prinsip aja yang perlu anda pegang benar-benar supaya hasil optimasi anda sesuai dengan keinginan.

1. Riset yang Tepat

Jangan sampai keliru dalam riset. Ini penting banget. Idealnya hasil riset yang baik itu yang banyak pencarinya dan anda bisa meniru dengan lebih baik peraih peringkat pertamanya. Jumlah pesaing sebenarnya nggak pengaruh kok, contohnya seperti yang saya lakukan pada minisite tersebut. Pesaingnya kalau pakai tanda petik mencapai 164.000. Kalau saya biasanya pasang patokan awalnya di bawah 500.000 dengan pencari minimal 10.000

Setelah dapat, baru saya cek satu per satu untuk melihat bagaimana persaingan di halaman depan. Ini yang mungkin lama. Kalau sudah dapat, saya cari domainnya. Saya nggak mau terlalu memaksa domain dot com. Yang penting semua keyword masuk dan nggak terlalu banyak tanda minus ( – ), maka saya ambil kata kunci itu.

Tapi kalau domainnya nggak ada, maka saya tinggalkan kata kunci itu dan cari yang lain. Kenapa? sebuah kata kunci yang nama domainnya saja sudah habis, maka bisa dikatakan banyak orang yang serius mengejar kata kunci itu. Lha beli domain kan artinya serius.🙂

2. Konten Berkualitas

Ini yang penting. Jangan sampai web yang kita buat terlalu LOLA alias Loading Lambat. Gambar cukup 1 aja dengan iklan dipasang semanis mungkin. Secara global jika dilihat, maka hendaknya lebih mendominasi teks artikel anda daripada iklan.

Insya Allah saya akan melakukan beberapa ujicoba minisite lagi menggunakan beberapa extension domain. Saat riset saya juga menemukan domain-domain dot info bisa berapa 2 tingkat diatas dot com. Bahkan domain yang saya pakai minisite menggunakan dot org. Di bawahnya dot gov, dot de, dot edu baru dot net. Dot com malah ada di urutan-urutan bawah.

Urusan backlink itu sekarang banyak tool. Untuk saat ini belum saya share dulu heheheh… Insya Allah nanti saya kasih tahu di ebook terbaru. Makanya jadi premium member cafebisnis doang xixixi… Toolnya berbayar, tapi murah banget. Untuk dapat 50 backlink cukup bayar 25 ribuan aja. Doakan aja mudah-mudahan berhasil. Saat ini saya sedang incar keyword HPK yang per kliknya bisa mencapai $10 hehehe…

12 thoughts on “SEO itu ternyata Gampang!

  1. -Urusan backlink itu sekarang banyak tool. Untuk saat ini belum saya share dulu heheheh… Insya Allah nanti saya kasih tahu di ebook terbaru.
    -Doakan aja mudah-mudahan berhasil. Saat ini saya sedang incar keyword HPK yang per kliknya bisa mencapai $10 hehehe…>>>> ditunggu sekali ini bozzzz

  2. Konon katanya, Google Panda menyapu banyak situs website / blog yang hanya berisi konten yang bersifat jiplakan (copy-and-paste). Namun untuk situs-situs yang kontennya original, lebih diuntungkan dengan upaya Google ini dalam meng-upgrade Panda-nya.

    Dulu Google menyebarkan Spider-nya… Sekarang giliran Panda-nya menghadang… esok mungkin Gajah-nya batuk-pilek ke mana-mana secara viral.

  3. nanti saya juga mau bagi2 cara mudah mencapai top ten, skrg belum deh, masih research punyanya stone evans, dan tentunya meraih fulus bukan hanya top ten

  4. mas, tolong dibahas lebih dalam tentang google panda. kalau pebisnis online yang sudah lama malang melintang di internet bisa kena sandbox. apabila kita yang baru mulai ? Bisa drop nih semangat.

    • Lha kan artikel diatas secara nggak langsung sudah jelasin soal si panda. Intinya jangan ngawur dan cari gampangnya doang. Sekarang tuh urusan kita bukan cuma dengan robot aja, tapi juga dengan pengunjung. Ada banyak cara melaporkan sebuah situs yang nggak bener lho🙂

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s