Cara Pinter Deketin Master hehehe…

Kungfu MasterSebenarnya ini bukan trik ane gan, tapi triknya dedengkot forum JisPortal. Pas gathering di batu – Malang beliau buka kartu bagaimana cara beliau mendapatkan ilmu-ilmu canggih dari master-master bisnis online. Saya sendiri gak habis pikir, cara yang dia pakai itu keren abis walaupun bagi newbie justru bisa jadi masalah besar hehehe…

Kata beliau, untuk mendapatkan perhatian dari para master, salah satu triknya adalah dengan sharing sesuatu yang nampak fantastis. Misalnya trik mendapatkan ratusan dollar dari adsense. Disitu beliau sharing step by stepnya. Dibuat seolah-olah lengkap dan masuk akal. Alhasil banyak yang komentar dan karena rata-rata newbie tentunya dikira triknya maknyusss.

Tapi bagi seorang master biasanya akan langsung tahu kalau ada kelemahan dan jika dibiarkan bisa membahayakan pembaca yang nggak ngerti apa-apa. Maka jiwa master-nya tergerak untuk meluruskan. Dan secara ndak sadar dia sudah share ilmu yang selama ini dipendam dalam-dalam wkwkwk…

Memang sih tak selamanya trik itu berhasil. Adakalanya si master tetap aja diem. Tapi biasanya kalau didiemkan itu berarti triknya emang bener atau mendekati bener lah.

Pelajaran apa yang bisa diambil?

Kita kan sering banget bahkan dengan mudahnya mengatakan huh si anu sombong. Ditanya gitu aja jawabnya sekenanya. Kayak ndak serius. Pernah ndak kayak gitu? Di forum saya sering nemu. Bahkan ada yang ngomel-ngomel bikin threat sendiri. Sudah bisa ditebak, justru dia yang akhirnya dihajar abis-abisan oleh penghuni forum.

Saya sih yakin banget, mereka yang ilmunya tinggi itu bukannya enggan berbagi ilmu, tapi mereka cuma kesulitan cara menyampaikanya. Dan payahnya newbie sering memperlakukan master yang share ilmu sebagai pedagang. Membandingkan dengan ilmu dari master lain atau komplain kalau mengalami kegagalan. Maka makin males-lah mereka untuk sharing. Udah capek-capek nulis eh malah dibikin repot.

Maka, jika ada master yang sharing, cobalah untuk membantunya. Bantu menjawab pertanyaan-pertanyaan newbie juga akan jadi nilai plus bagi anda di mata dia. Dan kalau bertanya pilih kata-kata yang baik biar ndak terkesan komplain. Cara paling sip tuh dengan bertanya seperti ini:

Gan, saya udah jalankan triknya tapi masih belum ada hasil juga, kira-kira salah saya dimana ya? Mungkin ada step yang ane lewatkan.

Perhatikan, pertanyaan diatas lebih condong pada menyalahkan diri sendiri karena mungkin melewatkan satu atau dua step yang diajarkan. Bandingkan kalau cuma gini:

Gan, ane udah jalanin triknya tapi ndak ada hasil tuh

Coba anda bandingkan. Yang kedua kesannya kan komplain atau bisa juga dikatakan trik ente nggak manjur. Padahal boleh jadi (bahkan seringkali) trik ndak jalan gara-gara kita sendiri. Tapi terlalu menyalahkan diri sendiri juga jangan, seperti ini:

Gan, ane udah jalanin triknya, tapi dasar ane gaptek dan bego jadi nggak ada hasilnya.

Itu sama aja anda bilang trik ente terlalu ruwet dan susah diterapkan hehehe..

Dan satu lagi, jika di forum, usahakan baca bener-bener tiap page-nya. Jangan sampai anda mengajukan pertanyaan yang sama dengan orang lain. Itu cukup menyebalkan apalagi kalau pertanyaannya sudah dijawab.

Inti dari semua ini adalah perlakukan master sebagai seorang guru. Bukan guru sekolahan yang lebih cenderung ke pegawai, tapi guru sebuah perguruan seni bela diri dimana anda ingin sekali menimba ilmu darinya.

13 thoughts on “Cara Pinter Deketin Master hehehe…

  1. Yang repot kalau si murid menghabiskan waktu dan tenaga si master karena meminta diajari langkah a-z padahal sebagian sebenarnya bisa disearch melalui mesin pencari.

  2. makasih mas Lutvi triknya patut dicoba nih. Saya memang sedang mencari seorang MAster Kungfu…yang bisa ngajarin jurus TAichi …atau minimal jurus dewa mabuk dalam bisnis online…ha…ha..ha

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s