Haruskah Selalu WordPress?

Sebenarnya ini cukup lucu. Gara-gara banyaknya panduan SEO dan bisnis online yang memakai WordPress, maka timbullah anggapan yang salah soal website itu sendiri. Banyak yang beranggapan, bikin web kurang afdol dan kurang pede kalau ndak pakai WordPress. Padahal, tidak selalu buat web itu pakai WordPress. Ada kalanya kita cukup memakai script PHP sederhana saja untuk membuat sebuah web.

Padahal sebenarnya WordPress itu termasuk script yang berat. Dan akan sangat memboroskan resource hosting jika anda membuat semacam company profile yang hanya 5 halaman menggunakan WordPress.

Kapankah perlu WordPress?

Lalu kapankah kita membutuhkan WordPress dalam membangun sebuah web? Jawabnya mudah, saat anda ingin membuat web yang selalu uptodate. Maksudnya anda ingin sebuah web dimana disana terdapat fasilitas untuk update informasi seperti berita atau artikel.

Tapi ingat, jika artikel anda mencapai ribuan, maka anda harus juga bijaksana dalam memilih permalinknya. Usahakan menyertakan nomor ID di permalink untuk mempermudah WordPress mengenali postingan. Kalau anda tidak menyertakan nomor ID, maka pencarian di database akan lama dan memberatkan server.

Bahkan kalau memang data artikel anda jumlahnya luar biasa besar dan traffik juga besar, anda harus mencari script yang lebih kompeten daripada WordPress.

Jadi, terlalu sedikit konten tidak bagus, terlalu banyak juga kurang sip. Penggunaan WordPress adalah di tengah-tengahnya๐Ÿ™‚ Apalagi kalau plugin yang anda pasang sampai puluhan wah bisa puyeng tuh servernya.. hehehe…

Bagi pemula, mungkin tidak mengapa membangun web dengan WordPress sebagai awal. Apalagi biasanya web company profile tidak menghasilkan kedatangan pengunjung yang besar. Tapi kalau itu adalah sebuah web penjualan yang ditujukan meraup sebanyak mungkin pengunjung, maka membangun web berbasis HTML biasa akan sangat membantu anda.

11 thoughts on “Haruskah Selalu WordPress?

  1. emm… gitu yah mas nah kalo maksud dari “menyertakan nomor ID di permalink” itu gimana tuh mas bisa di beri penjelasan lagi?? maklum mas newbie
    nambah 1 lagi pertanyaan klo kita buat web tuk penjulan online tapi dalam skala kecil bagusnya pakai apa mas??

    terimakasih

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s