Adakah limitasi 301 (Permanent) redirect?

Matt CuttsPagi ini tadi saya barusan nonton video buatan Google tentang 301 Redirect. Memang sih bukan masalah besar bagi yang sudah tahu. Tapi bagi yang belum, mengubah URL akan jadi momok besar. Apalagi setelah saya ngobrolin soal mengubah permalink dengan menambahkan post_id ke permalink untuk mempermudah proses di database.

Silahkan saksikan video berikut:

Buat yang lagi lola alias loading lambat, saya coba ceritakan sepemahaman saya. Maklum gan, English pas-pasan hehehe.. Kalau teks sih tinggal pakai google translate beres xixixi…

Oke, pada intinya Google menganjurkan sebuah redirect itu dari URL post lama ke URL post baru. Jadi, jangan melakukan redirect dari satu artikel ke halaman depan domain.

Contoh yang direkomendasikan seperti ini:

http://lutviavandi.com/ini-artikel-saya.html === redirect ke ==> http://lutviavandi.com/123-ini-artikel-saya.html

Contoh yang tidak direkomendasikan:

http://lutviavandi.com/ini-artikel-saya.html === redirect ke ==> http://lutvi.com

Kemudian untuk pertanyaan, bolehkah kita melakukan redirect pada ribuan artikel? Matt Cutts dalam video itu menyatakan boleh. Tidak ada batasan berapa redirect yang diijinkan di sebuah domain. Artinya jika anda punya ribuan artikel, maka anda boleh melakukan redirect ke alamat baru. Tapi ya itu tadi, post ke post. Sehingga pengunjung tidak merasakan adanya perubahan URL-nya.

Tapi, ada yang harus anda perhatikan. Jangan melakukan redirect multilevel. Misalnya begini:

URL A ==> URL B ==> URL C ==> URL D

Makanya kalau mengubah permalink, anda harus yakin bener sebelum mengubahnya. Walaupun pakai plugin permalink migration, mengubah-ubah permalink berkali-kali akan menciptakan banyak redirect. Dan ini jelas tidak baik. Google akan menghentikan crawl ke situs anda karena dianggap membingungkan.

Nah, sebaiknya anda tidak terlalu banyak coba-coba permalink. Gunakan saya permalink yang mirip dengan pesaing anda hehehe.. Kalau anda merencanakan akan membangun blog yang besar dengan ribuan artikel, maka pastikan memiliki nomor ID di permalinknya.

9 thoughts on “Adakah limitasi 301 (Permanent) redirect?

  1. Saya kemarin gitu mas. directnya
    Dari blog a => blog b=> blog c
    Tapi jadinya malah dapat halaman eror, yang inti pesannya blog tidak dapat diakses karena direct tak terbatas. Setelah diperbaiki, akhirnya 500 lebih url, bisa terindex dengan baik hanya dalam beberapa hari.

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s