Teknik Reframing

teknik reframingIni adalah teknik menghancurkan mental block yang berkaitan dengan trauma masa lalu. Mungkin anda pernah diejek teman sekelas saat tampil membacakan puisi atau bernyanyi atau mungkin juga anda pernah dimarahi orang tua gara-gara salah dalam mewarnai gambar.

Teknik ini juga ampuh untuk menghancurkan kenangan-kenangan buruk yang senantiasa menghantui kita sehingga takut untuk bergerak. Pernah tertipu, pernah dirampok, pernah kemalingan atau aneka pengalaman buruk lainnya. Bagaimanakah caranya?

Sebagaimana langkah-langkah menghancurkan mental block yang lain, anda butuh suasana yang rileks saat melakukan teknik ini. Pertama, tulis dulu semua kenangan yang ingin anda hancurkan. Lalu ambil satu peristiwa dan coba bayangkan. Rasakan hingga seolah-olah peristiwa itu tengah terjadi saat ini. Beri warna yang jelas, beri suara yang jelas, rasakan dan libatkan diri disana.

Sekarang buat sebuah bingkai dalam film di bayangan anda itu. Buat bingkainya semakin tebal dan buat seolah-olah anda sedang menonton televisi.

Bayangkan film itu kemudian jadi film hitam putih, suaranya jadi suara donal bebek kemudian buramkan gambarnya dan perkecil ukuran televisinya. Perkecil lagi… perkecil lagi hingga lenyap.

Coba lakukan beberapa kali lagi hingga anda terbiasa dengan teknik reframing ini. Memang butuh latihan, terutama bagi anda yang bukan bertype visual. Jika anda termasuk auditory alias lebih fokus pada suara, maka anda bisa rusak suaranya. Buat suaranya jadi cepat hingga mirip donal bebek, tambahkan efek suara televisi yang kehilangan sinyal. Tambahkan suara musik yang bersemangat, lalu kecilkan suaranya, kecilkan hingga lenyap.

Jika teknik ini anda kuasai, maka ketika ada peristiwa yang mengganggu anda untuk melangkah, maka dengan segera bisa kita lenyapkan🙂

4 thoughts on “Teknik Reframing

  1. sarannya bermanfaat buat saya mas lutvi.
    karena saya dulu mempunyai pengalaman seperti itu.
    akan saya terapkan teknik refarmingnya dari mas lutvi🙂

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s