Cara Mudah Menyimak Kultwit

Sekarang ini twitter sudah bukan lagi media untuk menyampaikan buah pikiran sebatas 140 karakter. Tapi twitter sudah berubah jadi media untuk memberikan materi atau biasa dikenal sebagai kultwit alias Kuliah Twitter.

Biasanya, kultwit ini menggunakan hashtag tertentu, misalnya #mudah yang dibuat oleh ustadz Yusuf Mansur di akun-nya @Yusuf_Mansur. Nah, dengan menggunakan hashtag itu, kita bisa kemudian membacanya kembali di lain waktu. Lho gimana caranya? Dengan menggunakan fasilitas pencarian tingkat lanjut twitter.

Tapi berhubung saya males jelasin panjang2 dan anda juga bakalan males bacanya kalau terlalu panjang, jadi langsung aja kita oprek URL-nya hehehe..

Oke, data yang kita perlukan hanya 2 saja:

1. Hashtag
2. Username pembuat kultwitnya.

Misalnya saya mau cari kultwit ustadz Yusuf Mansur dengan hashtag: #mudah maka URL-nya:

https://twitter.com/search/realtime/%23mudah%20from%3AYusuf_Mansur

Perhatikan yang saya beri tanda merah tebal, itulah 2 data yang kita masukkan. Dan hasilnya adalah kultwit dari ustadz Yusuf Mansur dengan hashtag #mudah

Tapi tetep aja sih, twitter tidak punya semacam media pengarsipan sebagaimana blog, jadi ketika bertanya hashtag-nya ustadz Yusuf Mansur apa aja? Ya bingung juga, kecuali kita mengikuti terus akun-nya .

Selain itu untuk tweet yang lama juga nggak terarsip dengan baik. Misalnya kultwit #10rb yang disampaikan ustadz tanggal 19 November 2011. Sekarang sudah tidak bisa kita lihat lagi. Tapi untung ada yang mengarsipkan di blog. Cuma ya gitu, tetap arsipnya gak lengkap🙂

Solusinya ya pakai blog atau membuat robot yang bertugas memantau twitter Yusuf Mansur dan ketika beliau nulis menggunakan hashtag, maka secara otomatis robot membuatkan arsipnya hehehe.. Keren kali yaa?

Ada yang mau bayar saya untuk bikin web gitu? Hehehe… wani piroo😀

6 thoughts on “Cara Mudah Menyimak Kultwit

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s