Kenapa Mau Berbisnis?

pebisnisKemarin ada seorang motivator memberikan kuis atau survey gitu dengan pertanyaan kenapa anda ingin berbisnis? Macam-macam jawabannya dan semuanya di RT oleh beliau. Tapi diantara macam-macam itu intinya cuma satu

SAYA INGIN KAYA

Kaya ini kemudian di uraikan dengan bermacam-macam bentuk, ada yang bilang agar bisa berangkatkan haji orang tua, agar bisa menyantuni anak yatim, agar bisa sedekah yang banyak. Maklum, nih motivator juga penggiat sedekah, makanya jawabannya pun biasanya nggak jauh-jauh dari situ hehehe… Entah beneran atau hanya pemanis kata tapi bisa ditarik benang merah kalau mereka berbisnis agar bisa punya uang banyak alias kaya raya sehingga bisa melakukan ini dan itu.

Akhirnya saya nyeletuk juga di twitter. Lha kenapa juga hampir semua jawaban mengarah ke satu jawaban saja. Padahal menjadi pebisnis itu bukan jalan cepat jadi kaya lho. Kalau mau jadi kaya dengan cepat ya jadi Dirut Bank atau setidaknya Manajer lah. Dijamin 2-3 bulan sudah punya mobil dan rumah. Minimal mobil dan rumah dinas hehehe…

Mustinya ada tujuan yang lebih besar lagi dari hanya sekedar kaya. Ketika saya awal-awal merintis usaha, tujuan saya malah bukan biar kaya, tapi biar hidup dengan jalur dan jadwal yang saya mau. Istilah kerennya Freedom of Time. Ini tujuan awal saya dulu. Alhamdulillah akhirnya bisa tercapai. Saya benar2 memiliki kebebasan waktu yang sangat..sangat..sangat saya syukuri. Kerja kapan aja saya mau, berhenti kapan aja saya suka. Enjoy aja.

Tujuan berikutnya adalah memberikan yang sebaik-baiknya bagi sebanyak-banyaknya orang lain. Saya nggak peduli dia yatim atau ndak, kaya atau miskin, tua atau muda. Yang saya pikirkan, apa masalahmu dan apa solusi yang bisa saya tawarkan. Bahkan saat saya membuka cafebisnis, saya cuma minta ongkos kirim dan burning CD aja lho🙂

Dan tahu ndak motivasi awal bikin cafebisnis? Hanya gara2 saya males jawab pertanyaan yang sama tiap hari. Bayangin anda ditanyai tiap hari, “Mas caranya bikin blog itu gimana sih?” Simple kan pertanyaannya? Tapi puyeng jawabnya😀

Maka saya buat deh blog isinya cara bikin blog, mulai install sampai jadi blog profesional. Eh.. udah dibikinkan ternyata malah bikin males, tulisan2 itu tetap aja ditanya. Maklum sih, karena struktur blog memang lebih seperti diary daripada artikel. Ya udah, bikin ebook lalu taruh di CD. Yang mau tahu, silahkan beli.

Alhamdulillah… sekarang sudah semakin besar dan makin memberikan penghasilan yang lumayan buat keluarga saya. Memang perkembangannya tidaklah sedahsyat bisnis2 yang baru muncul sih. Dimana di pembukaannya mampu meraup untung hingga ratusan juta. Namanya juga tujuannya beda, biasanya hasilnya juga beda😀 Banyak lho para alumni bisnis2 itu kemudian gabung di cafebisnis dan baru nyesel hehehe… Ngapain nggak dari dulu ikutan.

Nah, niat awal pendirinya biasanya akan tercermin di bisnis yang dibukanya. Banyak bisnis2 yang berkembang dahsyat karena konsep hebat sang pemilik bisnisnya. Ada yang buka swalayan, beli borongan untuk semua jaringan swalayannya agar harga bisa ditekan serendah mungkin dengan layanan semaksimal mungkin. Saya yakin niat awalnya bukan agar warung2 kecil bangkrut, tapi ingin orang2 belanja dengan harga murah, bahkan kalau perlu tahu harga sebelum berangkat dan bisa bawa duit cukup saat belanja. Jadi ketika ke swalayan sudah tahu persis apa yang musti dibeli.

Kalau niatnya semata2 cari duit, maka mulailah trik-trik aneka rupa dilakukan agar dagangan meningkat, pembeli dipancing menuruti nafsunya untuk belanja dan belanja. Toko di setting sedemikian rupa agar pembeli lebih membeli barang yang tak perlu daripada yang dibutuhkannya. Memang penjualannya meningkat tajam, tapi si pembeli sampai rumah nyesel. Duit abis, barang yg dibutuhkan gak dapet, kena damprat suami lagi. Suka punya konsumen gitu?

Nah, kenapa anda mau berbisnis? Jika kita tahu darimana datangnya rejeki itu, maka kita tak perlu aneka trik untuk mendapatkannya….

10 thoughts on “Kenapa Mau Berbisnis?

  1. Ayo mas kita semangat mengembangkan bisnis kita, siapa tahu suatu saat nanti bisnis ini dan kesuksesan kita akan menjadi inspirasi bagi banyak orang
    jangan pernah menyerah..

  2. alhamdullilah akhirnya ketemu juga ni web, maaf mas sy taunya anda cuma di CB,,, bisnis adalah sebuah pekerjaan dimana harus kita bangun dengan sabar dan tekun, seperti saya ini gara2 ikut CB jadi nambah penghasilan sy tiap bulan… makasih atas pencerahannya .

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s