Istiqomah Club

Batupun akan berlubang jika ditetesi terus menerus

Batupun akan berlubang jika ditetesi terus menerus

Istiqomah artinya berkelanjutan atau berkesinambungan. Istiqomah bukanlah besar tapi sekali jalan. Istiqomah justru kecil tapi terus menerus. Istiqomah yg sempurna adalah seperti air yg menetes dr celah2 bebatuan dan mengenai batu di bawahnya. Meski hanya setetes2 tp air itu terus menetes hingga dalam beberapa tahun tetesan itu mampu membuat lubang pada sebuah batu cadas.

Tak semua orang mendapatkan anugerah mampu bertahan dalam keistiqomahan. Banyak sekali yg gugur di tengah jalan. Termasuk saya mungkin. Karena itu kita butuh teman dalam perjuangan yg sama agar bisa tetap istiqomah. Karena sesungguhnya dalam diri manusia itu ada rasa malas dan terburu-buru.

Dengan menjalankan aktifitas bersama maka akan ada saling mengingatkan. Kalau bisa jangan hanya berdua karena terlalu mudah malas bersama kalau hanya berdua. Setidaknya ada 3-4 orang dlm kelompok kebersamaan menjalankan aktifitas tertentu.

Misalnya kita berazzam utk sholat dhuha tiap hari 2 rakaat. Maka mari mencari 2-3 rekan lagi yg memiliki azzam yg sama. Setelah itu mulai deh bergantian saling mengingatkan tiap waktu dhuha. Dengan bersama2 kita akan selalu merasa ada yg menemani dlm menjalankan ibadah kecil itu.

Menurut saya sebaiknya tidak meningkatkan level ibadah terlalu cepat. Misalnya dhuha 2 rakaat baru jalan sebulan, bulan berikutnya coba 4 rakaat. Setidaknya jalani 40 hari dulu yg istiqomah. Jika 40 hari tidak lubang satu haripun barulah ditingkatkan jadi 4 rakaat. Karena berdasarkan penelitian, kebiasaan seseorang itu baru tercapai setelah 40 hari. Supaya lebih nancap sebaiknya 2 bulan sekalian.

Saya sendiri sekarang sudah mulai banyak lubang dlm menjalani sholat dhuha. Ya karena cuma berdua itu tadi. Hanya saya dan istri. Andai gak ada twitter yg kadang baca status temen mengingatkan dhuha time mungkin lbh banyak lagi lubangnya hehehe..

Nah, lewat postingan ini saya ingin mengajak anda semua utk bikin komunitas kecil dhuha reminder. Sebenarnya bisa apa aja sih, tp biar fokus kita main di dhuha dulu deh. Sebaiknya maksimal 4 atau 5 orang saja. Karena klo kebanyakan, yg dpt giliran mengingatkan akan kerepotan nanti. Hayoo silahkan komentar disini, insyaaLlah nnt saya follow up via email biar gak perlu publikasi nomor HP-nya. InsyaaLlah nnt saya bantu atur kelompok2nya sesuai lokasi. Silahkan sampaikan saja kota dan provinsinya nnt saya bantu atur kelompoknya. Mudah2-an Allah membantu upaya kita utk istiqomah menegakkan sunnah Rasulullah saw ini

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s