Ketika Musibah Melanda

Hidup itu kadang naik kadang turun. Kadang dapat nikmat, tapi kadang dapat musibah. Dalam keluarga musibah bisa berwujud dalam banyak hal. Kena tipu misalnya hehehe, atau anak sakit, ortu sakit, kena bencana alam, kebakaran, dll.  Musibah bisa datang kapan saja, namun jika kita mencermatinya lebih dalam ada banyak hal yang justru menjadikan sebuah musibah berubah menjadi sebuah kenikmatan.

Ketika Musibah Melanda

Ketika Musibah Melanda

Jadi, apa yang harus kita lakukan ketika musibah melanda?

1. Bersyukur

Nah lho, kena musibah malah disuruh bersyukur. Khalifah Umar r.a ketika mendapat musibah dia bersyukur sekali karena beliau yakin setiap musibah selalu diiringi oleh 3 hal:

  1. Penghapusan dosa
  2. Mendapatkan ganti yang lebih baik
  3. Pahala besar

Satu musibah membawa 3 kebaikan. Kalau orang bisnis bisa diibaratkan rugi 1 juta tapi dapat 3 juta. Kira-kira orangnya jadi nangis atau bahagia? Sudah pasti dia akan bahagia dan sangat bersyukur. Maka gak salah jika khalifah Umar bin Khattab begitu bersyukur ketika tertimpa musibah.

2. Mengambil Pelajaran

Sangat sering musibah itu membawa sebuah pelajaran. Misalnya ketika blog saya dihack orang sehingga tulisan saya bertahun-tahun lenyap begitu saja karena saya tak memiliki backup rutin. Beruntung saya masih punya backup tahun lalu di harddisk sehingga tulisan yang hilang hanya setahun saja. Tapi musibah itu membawa pelajaran bahwa saya harus punya backup rutin dimana datanya tersimpan setiap 3 hari sekali.

Maka ketika kena hack lagi untuk kedua kalinya, saya dapat menguatkan pertahanan blog sekaligus mengembalikan blog online kembali hanya dalam waktu kurang dari 30 menit. Padahal saya tahu sendiri untuk melakukan hacking pasti butuh berjam-jam dan hasil karyanya saya singkirkan hanya dalam 30 menit saja bahkan kurang hehehe…

3. Tutup Lubangnya baru Bersihkan Genangan

Ini hanya perumpamaan. Jika genteng kita bocor dan air menggenang dimana-mana biasanya yang kita lakukan adalah mencari ember dan membersihkan genangan. Padahal hal itu takkan menyelesaikan masalah karena air akan terus bocor. Ember yang kita pasang juga akan penuh dan airnya meluber kemana-mana. Solusinya hanya satu yaitu menutup lubangnya.

Mungkin diantara kita ada yang kena musibah terus menerus berulang-ulang seakan tak ada habisnya. Setelah kena tipu, anak sakit, kena PHK, ortu sakit, istri minta cerai, dst. Silih berganti dalam waktu yang sangat dekat. Jika hal itu yang terjadi, maka coba cari dimana sumber musibahnya. Biasanya musibah yang terlalu banyak datang akibat kesalahan dan dosa kita di masa lampau. Nah, dosa itu harus kita mintakan ampun pada Allah. Lewat sholat tahajud, lewat sedekah dan memperbanyak perbuatan baik yang akan menghapus dosa-dosa.

4. Tatap Masa Depan

Tatap Masa Depan

Tatap Masa Depan

Musibah selalu meninggalkan kenangan buruk bagi kita. Beberapa mungkin malah trauma setelah mengalaminya. Meski begitu, kita harus menatap masa depan. Ibarat mengemudi mobil, pandanglah kaca depan yang lebar dan luas. Cukup sesekali saja menengok kaca spion yang kecil dan sempit.

Untuk trauma, ada banyak terapi dan teknik menyembuhkan diri dari trauma. Salah satunya adalah SEFT atau Spiritual Emotional Freedom Technique. Mudah-mudahan setelah trauma sembuh, kita bisa menatap masa depan. Karena hidup ini singkat, jadi jangan terlalu berlama-lama dalam kesedihan. Berhenti menyalahkan dan perbaiki segera kesalahan. InsyaaLlah, jika niat kita tulus, Allah akan bantu kita menghadapi aneka musibah yang kita alami. Tak ada satu musibahpun kita alami kecuali dia sudah disesuaikan dengan kemampuan kita.

Semoga kita semua diberi kesabaran oleh Allah bahkan diberi kekuatan untuk senantiasa bersyukur dalam kondisi apapun. Barangsiapa bersyukur maka akan ditambah nikmatnya oleh Allah.

Teruntuk buat istriku, terima kasih telah menemaniku dan memberikan support yang luar biasa saat aneka cobaan dan musibah menerpa kita.

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s