Belajar Linux

Mubuntu-logoulai kemarin sore saya ada mainan baru yaitu belajar Linux. Distro yang saya pilih adalah Ubuntu versi 12.10. Karena masih menggunakan OS Windows dan saya benar-benar awam soal ini maka saya gunakan installer Ubuntu for Windows. Sehingga install-nya seperti install software Windows biasa.

Terus terang ini adalah kesekian kalinya saya mencoba menginstall linux. Sebelumnya saya sudah sering mencoba, gagal dan meninggalkannya begitu saja. Parahnya, instalasi linux-nya sudah terlanjur memakan harddisk saya dan saya gak tahu gimana cara menghapusnya.

Saya pernah beli 2 buku tentang linux dan alhamdulillah keduanya ditulis oleh orang yang sangat profesional sehingga sayapun benar-benar gak paham apa sih maksudnya. Coba-coba ngikutin petunjuk di buku benar-benar tak sesuai kenyataan. Hingga tadi kemarin sore saya jalan-jalan ke TogaMas coba mencari buku ketiga. Alhamdulilah gak dapat hehehe..

Lalu saya iseng aja masih di toga mas ketik ubuntu for windows lewat BB. Eh ternyata ada lho instalernya. Ya udah, pulang dari toga mas langsung download. Rupanya itu hanya software untuk downloader-nya aja (mungkin sekaligus menginstallnya ya). Jadi mirip chrome gitu. Ya udah diikutin aja petunjuknya.

Jalankan software dengan koneksi smartfren connex evo saya harus nunggu 5,5 jam untuk menyelesaikan proses download dan install Ubuntu. Saya tinggal tidur deh.

Sebelum subuh saya cek sudah kelar download sekaligus install-nya. Sehingga saya hanya mendapati pesan untuk restart aja. Enak banget saya pikir. Saya klik deh restart dan wuss, ubuntupun terinstall dengan lancarnya.

Tapi masih ada satu ganjalan lagi yaitu saya tak bisa menghubungkan ubuntu dengan modem smart sehingga praktis gak bisa gunakan untuk internetan. Padahal 90% waktu saya adalah di internet. Setelah baca sana sini panduan dari berbagai master akhirnya dapat juga trik yang sesuai dengan kondisi laptop saya.

Dan akhirnya berhasillah saya online menggunakan Ubuntu hehehe…

ubuntu suksesubuntu

 

 

 

 

 

 

InsyaaLlah kapan-kapan coba saya share lebih detil bagaimana menggunakan menginstall Ubuntu tanpa harus kehilangan windows. Sehingga jika kita ketemu jalan Buntu masih ada Windows untuk meloncat hehehe…

Mungkin ada yang bertanya, kenapa juga juga repot-repot belajar Linux. Jawaban idealis mungkin sudah sering ya disampaikan oleh semua pakar linux. Tapi buat saya belajar itu alasannya cuma satu, nambah manfaat dan nambah sudut pandang. Saya perhatikan, linux ini sebenarnya besar banget potensinya karena dia Open Source dan “milik rakyat”. Apalagi sekarang ini perkembangannya sudah sedemikian dahsyatnya. Melebihi perkembangan windows sendiri.

Ok, postingan2 berikutnya boleh ya saya share2 pengalaman berlinux ria. Siapa tahu bawa manfaat buat kita semua… Aamiin…

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s