Tak sekedar ganti kalender

piecesSudah hari kedua di tahun 2013. Tak ada yg spesial sebenarnya selain ada benda baru di ruangan kita yaitu kalender baru yg menggantikan kalender lama. Bagi para petugas kebersihan pergantian tahun berarti tambahan tugas berat yaitu memungut sampah yg dibuang seenaknya oleh masyarakat. Jika tak dibersihkan secepatnya, pasti omelan dr masyarakat juga yg diterima. Aneh memang, tp itulah hidup.

Bagi seorang mukmin, pergantian tahun bahkan pergantian hari, pekan dan bulan adalah moment spesial karena seorang mukmin dituntut utk terus memperbaiki diri, melakukan.evaluasi semua aktifitasnya di dunia baik itu aktifitas muamalah duniawi maupun aktifitas ukhrawi. Rasulullah saw bersabda “barang siapa yg hari ini lebih baik dari hari kemarin, dialah orang yg beruntung. Barang siapa yg hari ini sama dg hari kemarin, dia adalah orang yg tertipu. Dan barang siapa yg hari ini lbh buruk dr hari kemarin, dialah orang yg tertipu.”

Maka bagi seorang mukmin pergantian hari, bulan dan tahun adalah upaya utk trs mengevaluasi diri, memperbaiki setiap aktifitasnya utk menjadi lbh baik dan lebih baik lagi.

Apa saja yg sudah kita perbuat? apa saja yg blm kita lakukan? Hendaknya hal itu terus ada dlm benak kita. Sungguh aneh jika ada seorang mukmin yg hari-harinya hanya diisi kegiatan yg sama terus dan berulang2 sepanjang tahun. Berangkat pagi, mengerjakan hal yang sama di kantor, malam pulang langsung tidur. Besok pagi bangun, kerjakan hal yang sama di kantor, malam pulang lalu tidur. Terus berulang setiap hari sehingga diri tak ubahnya seperti robot saja.

Seorang mukmin hendaknya memiliki kemampuan untuk lebih baik. Jika sebelumnya hanya berangkat pagi dan mengerjakan hal yang sama di kantor, maka mulai besok kerjanya ditambah sambil dzikir. Jika sebelumnya istirahat diisi dengan makan siang dan ngobrol, besoknya harus ditambah lagi dengan dakwah dan menasehati sesama pegawai.

Mari coba berpikir lagi, mengevaluasi lagi kinerja kita setiap hari. Jika memang berat, peningkatan bisa dilakukan setiap bulan atau setidaknya setiap tahun harus ada kebiasaan positif baru dalam hidup kita

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s