Melejitkan Potensi Diri lewat Blogging

menulisNge-Blog atau blogging saat ini sudah mulai jarang dijalani. Saya sendiri yang dulu hampir tiap hari menulis blog-pun sekarang sudah jarang menulis. Keberadaan blog sudah mulai tergeser oleh social media yang secara tradisi menerima tulisan-tulisan pendek seperti SMS. Memang lucu kelihatannya jika kita menulis di blog sebuah tulisan yang panjangnya cuma 120 karakter. Tapi di social media, hal itu bukanlah hal tabu.

Sebenarnya tradisi menulis artikel pendek itu sudah dimulai oleh pendiri WordPress Matt Mullenweg di blog pribadinya http://ma.tt Disana kita disuguhi bukan hanya artikel panjang, tapi juga quote, video, aside, dll. Ada tulisan yang panjang, ada yang hanya sekedar beberapa kata saja seperti di twitter.

Apalagi sekarang dashboard WordPress sudah bisa diakses melalui perangkat mobile tanpa perlu aplikasi tambahan seperti biasanya. Tentu lebih asyik lagi.

Namun, kendala yang saya temui justru dari sisi sosialnya. Untuk artikel blog, biasanya komennya lebih sedikit drpd artikel facebook. Hal ini karena tulisan kita di blog tidak otomatis masuk beranda blog2 teman kita. Ditambah lagi pengguna blog yang kian sedikit sehingga sosialisasi tulisan kita kurang begitu greget dibandingkan jika menggunakan sosial media. Memang sih, kita bisa otomatis memposting tulisan blog kita ke social media, tapi masalah quota bandwidth lagi-lagi jadi pagar pembatas antara pengguna blog dengan pengguna social media. Banyak pengguna sosmed yang enggan membuka tautan yang keluar dari sosmed.

Blog sebagai arsip

Saya melihat ada satu keunggulan blog yang tidak dimiliki oleh sosial media yaitu ARSIP. Yah, anda akan sulit menemukan status atau artikel yang pernah anda tulis di masa lalu. Apalagi menggunakan fasilitas pencarian. Di blog, kita bisa dengan mudah menemukan artikel lama, bahkan hanya dengan modal sedikit kata-kata yang ada di artikel tersebut. Maka, kegiatan blogging masih sangat penting khususnya bagi kita yang hobby menulis atau ingin meningkatkan kemampuan dalam menulis.

Anda bisa memilih apakah menggunakan blog gratisan seperti wordpress.com ini, menggunakan blogspot.com atau menggunakan blog wordpress install sendiri dengan hosting dan domain sendiri. Tapi satu hal yang perlu diingat adalah, menulis akan mampu melejitkan potensi diri anda sendiri. Bagaimana bisa?

Kita cenderung menulis sesuatu yang kita sukai. Ketika kita kehabisan ide, lebih mudah bagi kita untuk menemukan ide-ide segar apabila kita menyukai bidang itu. Kita bisa mulai dengan searching di google tentang info-info baru dan kemudian menuliskannya di blog pribadi kita untuk menambah koleksi khasanah pengetahuan yang kita miliki.

Kebiasaan ini akan makin menajamkan ingatan kita sehingga kita bisa menguasai bidang-bidang yang kita sukai tanpa sadar. Saya sendiri merasa bingung dengan kemampuan yang saya miliki sekarang. Saya belajar dari kesalahan-kesalahan dan dari masalah-masalah. Misalnya ketika saya ingin membangun sebuah plugin WordPress, saya terkendala dengan beberapa hal yang tidak bisa dilakukan begitu saja oleh WordPress. Akhirnya proses googling, trial and error membuat saya menemukan jawaban-jawaban.

Ketika hal ini berlangsung terus menerus, saya jadi memiliki kemampuan-kemampuan tambahan yang saya tak pernah belajar secara formal sama sekali. Orang sering bilang itu Learning by Doing. Nah, kebiasaan menulis ini akan mampu membuat anda menjelajahi hal-hal yang belum pernah anda jumpai sebelumnya. Mengeksplorasi samudera ilmu tanpa batas dan menemukan mutiara-mutiara hikmah yang begitu banyaknya.

Yuk… kita coba membiasakan blogging mulai saat ini? Saling mengingatkan aja jika ada salah satu diantara kita yang udah lama gak ngeblog🙂

One thought on “Melejitkan Potensi Diri lewat Blogging

  1. ternyata gak cuman q aja yang sedikit lelah dalam dunia perbloggingan … tapi kalau ingat tujuan awal untuk menulis maka jadi semangat lagi untuk menulis yang sebanyak2nya apalagi bisa bermanfaat bagi orang lain…. maka seketika lelahnya bisa hilang.

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s