Apa Arti Pemilu Bagi Anda?

pemilu 2014InsyaaLlah kurang dari sebulan lagi kita akan bertemu dengan gawe akbar bangsa ini. Pemilihan Legislatif yang akan memilih wakil-wakil kita di kota/kabupaten, provinsi dan pusat. Mungkin bagi saya pemilu berarti sebuah kesempatan. Kesempatan besar untuk mengubah isi gedung dewan. Jika dulu mungkin isinya 80% politikus busuk, mudah-mudahan di Pemilu kali ini akan dihasilkan politikus yg lebih sedikit bahkan kalau bisa nol persen (walau untuk saat ini mungkin masih susah ya).

Sayangnya, ada juga yang beranggapan bahwa pemilu ini tidak dituntunkan pada masa Rasulullah saw, sehingga mereka merasa perlu untuk tidak mengikuti. Ada juga yang beranggapan pemilu adalah ajang menghambur-hamburkan uang rakyat dan yang terpilih paling ya itu-itu aja alias gak ada perubahan yang berarti.

Apapun arti pemilu bagi anda saya tidak bisa mengaturnya. Tapi yang harus kita sadari saat ini adalah pemilu adalah merupakan saat dimana kita sebagai rakyat bergerak melakukan perubahan. Saya setuju dengan kampanye jangan pilih caleg incumbent atau caleg yang saat ini menjadi aleg. Bayangkan kalau seluruh rakyat melakukan hal itu, maka kita akan mendapatkan anggota dewan yang benar-benar fresh.

Mungkin juga kita perlu mengadakan kampanye misalnya pilih caleg usia di bawah 40 tahun. Kenapa? Agar terjadi pemotongan generasi. Karena klo orang2 jaman dulu masih juga duduk di gedung dewan, dikhawatirkan akan mempengaruhi politikus2 muda yang masih bersih dari pengaruh buruk para politikus busuk.

Yang jelas, kita takkan pernah merasakan perubahan, apabila kita tak melakukan perubahan itu sendiri. Dan pemilu adalah moment penting untuk mengubah negeri ini. Pastikan nama yang akan anda coblos nanti benar-benar anda kenali dan benar-benar dapat menyuarakan aspirasi anda 5 tahun mendatang. Jangan memilih caleg hanya karena cuma tahu nama dan nomor urutnya saja. Anda harus tahu bagaimana cara menghubungi caleg itu, kalau perlu tahu alamat rumahnya. Ini penting, agar jika dia benar-benar terpilih nanti, anda sebagai pemberi amanah dapat dengan mudah menghubunginya.

Jika ada tim sukses caleg datang ke rumah anda, tanyakan dengan lengkap profilnya dan apa komitmen caleg itu jika terpilih nanti. Tanyakan pula bagaimana anda bisa menagih janji itu jika si caleg benar-benar terpilih. Minta nomor HP-nya dan coba test apakah ada respon dari si caleg.

Bagaimana? Sangat mudah bukan? Semua langkah yang anda ambil akan sangat bergantung persepsi terhadap arti pemilu bagi anda sendiri. Jika, anda cuma menganggapnya sebagai ritual 5 tahunan yang gak penting, mungkin anda juga gak akan terlalu peduli siapa caleg yang anda coblos nantinya. Atau bahkan anda lebih memilih tidur di rumah daripada melakukan sedikit usaha dlm mengubah negeri kita.

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s