Lahan Amal yg Lebih Luas

Barisan dakwah

Barisan dakwah

Apa sih tujuan kita hidup di dunia ini? Bukankah hanya meraih sebanyak mungkin pundi-pundi amal saja? Untuk itu, ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk meraihnya. Tapi, diantara semua amal, ada 3 amaliyah yang menghasilkan pundi-pundi amal yang sagat banyak yaitu:

  1. Ilmu yang bermanfaat : Setiap kali ilmu yang kita berikan memberikan manfaat bagi penerimanya, kita mendapatkan pahalanya. Tak terbayang betapa besarnya pahala para guru TPA yang mengajarkan huruf2 Al-Quran pada santri2-nya. Maka tiap santri itu baca 1 huruf, maka 1 pahala dia dapatkan.
  2. Shadaqah Jariyah : Anda membangun sebuah masjid, maka setiap masjid itu digunakan orang untuk beribadah, anda akan dapatkan pahalanya. Beberapa ulama juga memasukkan pemberian beasiswa kepada siswa termasuk dalam shadaqah jariyah. Siswa yg menuntut ilmu dengan biaya dari kita, maka tiap dia mengamalkan ilmunya, kita akan dapatkan juga pahalanya.
  3. Anak Sholeh yang mendoakan orang tuanya : Anda punya anak-anak yang sholeh hasil didikan anda atau anak sholeh yang anda sekolahkan di sekolah-sekolah yang dapat meningkatkan keimanannya pada Allah, maka tiap kali anak itu beribadah, anda akan dapatkan pahalanya.

Hebatnya lagi, 3 amaliyah itu gak akan pernah habis, meski pelakunya telah meninggal dunia.

Ada seorang ustadz yang dengan kegigihannya berhasil mendirikan sebuah yayasan yang tak hanya mendidik santri-santri berkualitas tapi juga memberikan beasiswa terhadap mereka alias pendidikannya gratis. Yayasan ini berhasil meluluskan ribuan santri.

Tapi seorang kepala pemerintahan misalnya bupati, walikota, gubernur atau presiden dapat memberikan beasiswa jutaan siswa sekaligus hanya dengan menggunakan sebuah surat keputusan saja. Subhanallah, betapa dahsyat sekali peran politik dan pemerintahan dalam meraih pahala Allah. Tapi tentu, hal ini sepadan dengan ujiannya juga. Seorang pemimpin yang tak amanah akan cukup jadi alasan untuk melemparnya ke neraka.

Tak hanya kepala pemerintahan, wakil-wakil rakyat di DPR ataupun DPRD juga dapat meraih pahala besar lewat putusan-putusannya. Menyediakan anggaran beasiswa untuk santri-santri madrasah dan pondok misalnya, atau mengegolkan anggaran pembangunan masjid atau memberikan dana pelatihan hingga terbentuk usahawan-usahawan baru yang dapat memberi nafkah pada anak istrinya.

Kita mungkin masih terlalu jauh ya untuk mendekati jabatan kepala pemerintahan atau menduduki jabatan wakil rakyat. Tapi kita bisa punya andil dalam terpilihnya seorang kepala pemerintahan yang baik, kita punya andil dalam terpilihnya seorang wakil rakyat yang amanah. Dan semoga dengan terpilihnya mereka karena kerja keras kita, kita juga akan mendapatkan percikan pahala atas tiap keputusannya.

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s