AGC di Google.co.id

Hari ini kira-kira ada 3 postingan di forum adsense-id yang semuanya membahas Auto generate content (AGC) yang banyak muncul di hasil pencarian google.co.id. Ketiganya sudah ditutup sih oleh moderator adsense-id, tapi itu meninggalkan ide buat saya untuk menulis di blog ini.

Sebagaimana telah saya tulis dalam artikel yang lalu, dalam membangun situs AGC, hendaknya kita tetap berpatokan pada segi manfaat. Misalnya kita menggunakan AGC dengan model grabbing data dari Bing atau Yahoo, maka sangat dianjurkan untuk memberi pedoman kepada para pencari yang kebetulan nyasar ke blog kita. Misalnya dengan kata-kata permintaan bahwa situs anda tidak menyediakan artikel berkaitan dengan kata kunci yang sedang mereka cari. Kemudian kita beritahukan bahwa hasil di bawah ini adalah artikel lain terkait kata kunci tersebut yang berasal dari blog lain.

Pengaturan link pun hendaknya diperhatikan. Jangan sampai membingungkan pengguna. Memberi link lagi ke hasil pencarian yang lain lagi hanya akan membuat pengunjung sebal. Mari kita berpikir seperti orang yang nongkrong di pinggir jalan. Saat ada orang tersesat dan bertanya pada kita, maka kita berikan petunjuk arah yang benar. Saya yakin orang itu akan sangat berterima kasih pada kita. Akan lain ceritanya bila kita justru melempar-lempar si penanya. Ini tentu akan membuat dia sebel.

Kita tahu dan terbiasa dengan bermain-main dengan search engine. Jadi kita bisa memberikan saran pencarian yang terbaik bagi pengunjung blog. Memberi informasi tips bagaimana mencari suatu artikel dengan baik saya rasa cukup bermanfaat deh. Nah, mari kita merubah pola pikir. Silahkan main AGC tapi tetap manusia-kan pengunjung blog kita.

Saya pribadi juga punya AGC, dan alhamdulillah lamanya waktu mereka di web saya rata-rata mencapai 3 menit, padalah isinya direct link semua ke sumber asli. Tapi kemudian saya sadari ternyata penyajian informasi yang saya lakukan cukup membantu sehingga merekapun menggunakan mesin pencarian saya berkali-kali untuk mencari informasi yang lain. Dan perlu anda tahu, rata-rata lamanya mereka disana, lebih lama daripada di blog ini lho.. hehehe…

Bahkan di hasil analisa google analytics, cukup banyak juga yang datang langsung alias direct visit tanpa lewat search engine. B0unch-nya juga hampir 50% aja.

Semuanya memang kembali kepada kita. Mau black atau hat kita tahu resikonya.

15 thoughts on “AGC di Google.co.id

    • tetep grabbing data, tapi saya bikin ada semacam filternya gitu sehingga hasil pencariannya lebih relevan😀 Makanya mereka suka hehehe… soalnya nggak pernah nyasar kemana-mana

  1. wahh..mas lutvi ternyata penganut aliran AGC juga neh..!!!
    betul mas..semua kembali pada pilihan masing2 mau pke yg white ato black..!!
    STOP meributkan AGC

    • Bener…. lha mbah google yg kemasukan AGC aja tenang-tenang kok. Kalau mereka membiarkan, berarti kan emang gpp atau menurut mereka masih ada manfaatnya

  2. Benar-benar posting blog informatif di sini teman saya. Aku hanya ingin komentar dan mengatakan terus bekerja dengan kualitas. Saya sudah bookmark blog Anda hanya sekarang dan aku akan kembali untuk membaca lebih lanjut di masa depan teman saya! Juga baik dipilih warna pada tema itu berjalan lancar dengan blog menurut pendapat sederhana saya:)

  3. Saya juga setuju bro dengan pernyataannya. Teman saya juga pemain AGC namun semua blognya ngga ada yang kena banned dari mba google. Makanya saya mencoba menerapkan triknya kedalam blog saya. Oh ya kata teman saya sebaiknya juga di halaman blog yang menggunakan AGC dipasangi contact form dan pivacy police yang konon lebih disukai google karena google menganggap blog itu diurus dengan serius.. Apa benar mas begitu?

    • Benar sekali. Intinya, jangan bikin blog yang kelihatan ndak keurus. Perubahan pun harus dibuat senatural mungkin (kadang ndak posting, kadang 1 post sehari, kadang 2 post)

      • Bisa tahu ngga mas alamat blognya yang menggunakan AGC? Saya mau bandingkan dengan blog saya yang menggunakan AGC… PM kalau bisa…

Silahkan Berkomentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s